Breaking News
Loading...
Thursday, April 18, 2013



Buatlah kodingan seperti diatas untuk memulai membuat sebuah dokumen dengan LaTeX. Selanjutnya disini saya akan menjelaskan mengenai logika tentang pembuatan dokumen pada LaTeX seperti diatas.


·         \documentclass[a4.12pt]{article}
Jenis dokumen yang akan diolah ditentukan oleh perintah pertama dalam bentuk \documentclass[option]{class}
Dalam statement diatas,“class” diganti oleh article. Article disini berarti jenis dokumen yang akan kita buat adalah berbentuk article. Sedangkan pada bagian“option” dapat dituliskan pilihan : 12pt untuk menyatakan ukuran font utama yang digunakan didalam dokumen a4paper.

·         \title{PENULISAN ILMIAH}
Digunakan untuk memberi judul pada dokumen yang dibuat. Judul ini akan dituliskan paling atas, teks yang ada dalam kurung kurawal merupakan teks yang akan tampil pada hasil output nanti.

·         \author{Idham Dwi Rahmmanto}
Digunakan untuk menuliskan nama penulis, bentuk umum nya adalah \autor{Nama Penulis}. Jadi pada saat di running nanti akan muncul Idham Dwi Rahmanto sebagai penulis yang diletakan dibawah judul.

·         \date{18 April 2013}
Statement diatas digunakan untuk memberikan tanggal yang diletakan setelah nama penulis, bentuk umum statement diatas adalah \date{Tanggal Pembuatan}, sehingga 18 April 2013 akan menjadi tanggal yang akan tercantum pada tampilan output nanti.

·         \begin{document}
Statement ini digunakan untuk pernyataan memulainya pengkodean program sebagai document.

·         \marketitle
Digunakan untuk membuat judul penulisan yang sebelumnya telah kita buat.  Judul dalam sebuah dokumen Latex diletakan pada awal document environment. Cara penulisannya sebagai berikut :
\documentclass [ a4paper, 12pt ] {report}
\begin{document}
\title{Judul Dokumen}
\autor{Nama Penulis}
\date{Tanggal Pembuatan}
\maketitle
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
\end{document}
Sehingga pada tampilan setelah dirunning nnati akan muncul judul, nama penulis, dan tanggal secara berurutan sesuai yang kita input sebelumnya.

·         \newpage
Statement diatas digunakan untuk membuat halaman baru.

·         \section{pendahuluan}
Section adalah sebuah sub bab dalam latex. Perintah ini dinotasikan dengan (section..)Ditempatkan sebelum penulisan dokumen. Section dalam latex berguna untuk menuliskan awal dari penomeran atau penulisan. Sehingga pada tampilan output nanati akan tampil 1.Pendahuluan.

·         \subsection{latar belakang}
Merupakan penulisan  subsubbab, untuk memberikan nomor pada subsubbab tersebut secara berurutan akan muncul secara otomatis. Latar belakang merupakan sub bab dari pendahuluan, maka pada tampilan output akan muncul 1.1 latar belakang.
·         \subsection{ruang lingkup}
Sama seperti diatas, nomer selanjutnya yang akan tercetak yitu 1.2 ruang lingkup.

·         \sebsection{metode penelitian}
Digunakan untuk menanmpilkan hasil output dengan disertai penomeran subsubbab secara berurutan. Hasil statement ini pada tampilan output nanti adalah 1.3 metode penelitian.

·         \subsection{sistematika}
Bagian ini merupakan sub bab 1.4, berarti pada hasil output nanti akan tercetak 1.4 sistematika.

·         \subsection{daftar pustaka}
Merupakan subsubbab yang akan mencetak penomeran urutan subsubbab tersebut, bentuk umumnya adalah \subsection{ . . . }, sehingga akan tampil pada output nanti 1.4 daftar pustaka.

·         \section{tinjauan pustaka}
Statement Section adalah sebuah sub bab dalam latex. Perintah ini dinotasikan dengan (section..)Ditempatkan sebelum penulisan dokumen. Section dalam latex berguna untuk menuliskan awal dari penomeran atau penulisan. Ini merupakan section yang kedua, sehingga pada tampilan output nanti akan tampil 2. Tinjauan Pustaka.

·         \subsection{landasan teori}
Digunakan untuk mencetak teks 2.1 landasan teori, karena ini merupakan subsubabab dari no 2 yaitu tinjauan pustaka.

·         \subsection{apa itu internet}
Nomor subsubbab selanjutnya yang akan tercetak yaitu 2.2, sehingga apa itu internet akan disertai penomoran subsub bab nya yaitu 2.2.

·         \subsection{apa itu desain grafis}
Digunakan untuk menghasilkan teks 2.3 apa itu desain grafis pada tampilan setelah di runnning.
·         \section{analisa penelitian}
Section adalah sebuah sub bab dalam latex. Perintah ini dinotasikan dengan (section..)Ditempatkan sebelum penulisan dokumen. Section dalam latex berguna untuk menuliskan awal dari penomeran atau penulisan. Sehingga pada tampilan output nanati akan tampil 3.analisa penelitian.

·         \subsection{metode penelitian}
\subsection{software yang digunakan}
\subsection{rancangan}
Subsection diatas merupakan bagian dari statement section sebelumnya yang telah dituliskan. Jadi pada 3.analisa penelitian akan diturunkan lagi sub bab nya menjadi 3.1 metode penelitian 3.2 software yang digunakan, dan 3.3 rancangan.



·         hasilnya adalah
Pada tampilan setelah dirunning nanati akan tercetak teks “ hasilnya adalah “. Jadi ini hanya digunakan mecetak teks yang ada.

·         \section{penutup}
Section adalah sebuah sub bab dalam latex. Perintah ini dinotasikan dengan (section..)Ditempatkan sebelum penulisan dokumen. Section dalam latex berguna untuk menuliskan awal dari penomeran atau penulisan. Sehingga pada tampilan output nanati akan tampil 4. Penutup.
·         \subsection{kesimpulan}
\subsection{saran}
Statement diatas digunakan untuk menunjukan kesimpulan dan saran merupakan sub bab dari 4.Penutup, sehingga akan tampil 4.1 kesimpulan, dan 4.2 saran.

·         hasilnya adalah
Untuk mencetak teks ”hasilnya adalah” pada tampilan output.

·         \end{document}
Jika ada statement Begin maka harus diakhiri dengan statement End. Fungsi \end{document}ini untuk mengakhiri pengkodean program document.
·         Save
Sebelum menjalankan program, file program yang telah dibuat tadi haruslah disimpan terlebih dahulu. Untuk menyimpan dapat dilakukan dengan memilih menu File kemudian Save atau menekan icon Save pada tool bar atau dapat juga menggunakan kombinasi keyboard dengan menekan Ctrl + S.
·         Run & View
Untuk menjalankan program agar terlihat hasil outputnya, dalam LaTeX terdapat 2 cara untuk mengcompile serta me-running program yaitu:
1.    Memilih Quick Build pada bagian Run dan memilih View PDF pada bagian View lalu tekan tombol Run.
2.    Memilih Latex dan pilih View PDF pada bagian View lalu tekan Run. Kemudian pilih bibtex lalu Run. Kemudian pilih MakeIndex lalu Run. Kemudian pilih Latex lalu Run sebanyak dua kali. Kemudian pilih PDF Latex lalu Run.

Maka hasil output dari program yang telah dibuat adalah sebagai berikut :





0 komentar:

Post a Comment

http://idhamdwirahmanto2013.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Translate

Cari Blog Ini

Loading...